Pergaulan Bebas

Apa Itu Pergaulan Bebas?

 Sebelum membahas dampak dari pergaulan bebas, ada baiknya mengetahui definisi dari pergaulan bebas itu sendiri. Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), istilah 'bebas' yang dimaksud adalah melewati batas-batas norma yang ada.

Jika disederhanakan secara komprehensif, pergaulan bebas merupakan perilaku menyimpang melewati batas norma yang berlaku di masyarakat. Mulai dari norma agama hingga norma hukum. Banyak hal dapat menyebabkan terjadinya penyimpangan ini.

Salah satu yang utama adalah ketidaktahuan pelakunya akan dampak dari pergaulan bebas itu sendiri. Perilaku seks bebas juga erat kaitannya dengan terminologi ini. Seks bebas adalah perilaku seseorang yang melakukan hubungan seksual di luar nikah dengan lebih dari satu orang dalam waktu singkat.

Apa pun itu, perilaku ini tentu memiliki konsekuensi yang besar. Mulai dari terjangkitnya penyakit menular seksual hingga kehamilan dini. Selain seks bebas, pergaulan bebas yang perlu diwaspadai remaja antara lainnya seperti merokok, mengonsumsi alkohol, narkoba, dan juga tawuran.

Macam-macam pergaulan bebas di atas juga bukan terjadi tanpa alasan. Terdapat sejumlah faktor pergaulan bebas yang perlu dipahami oleh orangtua dan remaja itu sendiri. Baik orangtua maupun anak harus betul-betul memahami apa itu pergaulan bebas. Tujuannya adalah untuk menghindari perilaku-perilaku menyimpang agar bisa lebih mudah dicegah.

Dampak Pergaulan Bebas

Penelitian menunjukkan bahwa penyalahgunaan narkoba dan perilaku seks bebas sering kali menjadi dua sisi yang tak terpisahkan dalam pergaulan bebas remaja. Dampak pergaulan bebas memberikan pengaruh besar untuk diri sendiri, orang tua, dan juga lingkungan sekitar.

Untuk kasus seks bebas, pihak remaja perempuan memiliki nilai kerugian yang lebih terlihat karena dapat terjadinya kehamilan usia dini yang berpengaruh pada diri dan kehidupan sosialnya.

Selain itu, seks bebas juga harus diwaspadai karena dapat menyebabkan penyakit menular seksual yang mempengaruhi kesehatan seumur hidup. Adapun penyakit menular seksual berbahaya yang bisa mengancam seperti:

Gonore

Gonore muncul karena infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae yang bila dibiarkan akan mengakibatkan penyakit peradangan panggul (PID).

Klamidia

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi Chlamydia trachomatis yang dapat menimbulkan sejumlah gejala, seperti infeksi saluran pembuangan, keputihan abnormal, hingga sakit perut bagian bawah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Internet Bagi Remaja